Mitos mistis kucing hitam

Kita pasti tahu dalam setiap cerita nenek sihir bisa dipastikan ada “kucing hitam”-nya. Menjelang malam Hallowen tahun ini, simbol kucing hitam dijual dalam bentuk boneka kecil atau gantungan kunci di berbagai penjualan accessories. Mengapa kucing hitam selalu dikaitkan dengan dunia sihir atau magic ?

Ini bermula dari sejarah di jaman Babylonia kuno saat kucing hitam dipersembahkan dalam upacara ritual untuk dibakar bersama sesaji lainnya. Mitos ini timbul karena ada seekor kucing hitam yang tidur ditengah-tengah seekor ular dengan pulasnya, pada saat itu ular merupakan lambang dari kejahatan.

Pemahaman ini terus berkembang hingga abad pertengahan. Di Jerman, ada kepercayaan bahwa apabila ada seekor kucing hitam yang lompat ke tempat tidur orang sakit, kematian akan datang pada orang yang sakit itu. Lain lagi dengan kepercayaan orang Normandia, mereka percaya apabila dalam perjalananmu melihat seekor kucing hitam yang sedang menyeberang di tengah bulan purnama, mereka percaya kamu akan terserang suatu epidemik.

Di Firlandia, masyarakat di sana percaya bahwa kucing hitamlah yang membawa jiwa manusia ke alam baka. Di China, kehadiran seekor kucing hitam merupakan pertanda bahwa mereka akan terkena penyakit atau akan jatuh miskin.

Ceritanya sedikit berubah ditempat lain, di India, jiwa yang bereinkarnasi dapat dibebaskan dengan melempar kucing hitam ke api. Ada satu legenda dari Bengali bahwa ada seorang wanita yang dapat merubah jiwa manusia menjadi seekor kucing hitam, dan setiap kucing hitam yang disakiti akan menyakiti wanita itu juga.

Masyarakat Celts percaya bahwa kucing hitam dapat memprediksi masa depan. Druids pada masa Inggris kuno percaya bahwa kucing merupakan jelmaan seseorang yang berbuat jahat di masa lalunya kemudian di hukum menjadi seekor kucing hitam.

Nah, salahkan para druids, karena merekalah yang telah menghubung-hubungkan kucing hitam dengan Halloween, hantu dan para penyihir.

Ada juga kepercayaan lain, yang mengatakan bahwa kucing hitam ini merupakan salah satu penyamaran para penyihir. Walaupun tidak ada saksi yang pernah menyaksikan ada penyihir yang berubah menjadi seekor kucing hitam atau seekor kucing hitam yang berubah menjadi seorang penyihir, tetapi

mereka mengatakan bahwa suatu hari mereka menyakiti seekor kucing hitam dan kucing hitam itu terluka, dan keesokaan harinya mereka menemukan luka yang sama ditempat yang sama kucing itu terluka pada seorang wanita.

Kepercayaan lain mengatakan bahwa kucing hitam adalah partner para penyihir untuk menyelesaikan their evil deeds. Mereka akan terbang dengan sapu lidi mereka dan mulai membuat keributan tetapi kepercayaan yang satu ini diakhiri dengan memberikan mereka permen-permen yang manis untuk mengantisipasi para penyihir itu agar tidak membuat keonaran.

About these ads

50 Comments (+add yours?)

  1. hell boys
    Mar 05, 2009 @ 11:42:12

    thx for the information, that’s help me
    klo tentang kucing yang jadi hewan kesukaan nabi gmn…?

    Reply

  2. zacky
    Apr 10, 2009 @ 04:10:32

    misi…. postingannya ku kutip yach…

    coz aku juga penyuka kucing,,….piaraan nabi muhammad SAW.

    Reply

  3. amay
    May 20, 2009 @ 03:41:33

    lol kucing hitam berjalan ke arah kite..maksudnya petanda baik or xbaik?

    Reply

  4. Aci
    Jun 04, 2009 @ 13:01:33

    hai..assalamualaikum, salam kenal, postingannya boleh ku copy ya..aku jg penyuka kucing, jg punya kucing hitam di rumah, msih kecil..

    Reply

  5. poorboy
    Jul 15, 2009 @ 20:53:42

    thanx infonya, gw kehilangan motor 1 jam setelah liat kucing hitam…

    Reply

  6. chrisdibali
    Sep 07, 2009 @ 15:29:09

    aku kedatangan kucing hitam 4 bulan yg lalu, sangat jinak dan anehnya…dia seperti mengerti..I mean …dia seperti bener2 mengeri omonganku…weird

    Reply

    • ratu belqis
      Sep 18, 2009 @ 23:00:04

      g usah takut…
      cz kucing2ku kadang juga gtuuu…
      tu cuma responnya mereka sm majikan aj,g lebih…
      baik2 ya sm kucingnya….^^

      Reply

  7. cat_lupher
    Sep 14, 2009 @ 13:48:17

    hei…. makasi ya atas infonya…
    aku jadi heran sama orang2 yg percaya sama mitos begituan…
    apalagi di era globalisasi yang harusnya cara berpikir kita sudah semakin logis ini…

    ckckck… memangnya si mpuss minta dilahirkan dengan warna yang seperti itu? Kalaupun sebelum lahir dia bisa ngomong, pasti dia akan protes sama Tuhan,, tapi mau bagaimana lagi, orang si mpus berwarna hitam bukan karena keinginan dy kuk…

    hiks,, kasian ya si mpus.. :’(
    buat temen2,, tolong jgn percaya mitos begituan ya… buat pembuat artikel makasih, ini info yang penting bagiku :)

    Reply

    • ratu belqis
      Sep 18, 2009 @ 22:59:06

      iya2….
      cz q kadang jadi kacian sm puss ku yg dijadiin sarang mitos…
      katanya kucing penyihir,padahal imut gtuu

      Reply

  8. Trackback: Rifki13's Blog
  9. siLvi
    Oct 08, 2009 @ 17:19:35

    duh.. kok mereka bisa percaya sih? mudah mudahan mrk diberikan jalan yg benar..

    Reply

  10. siLvi
    Oct 08, 2009 @ 17:25:19

    hmm.. thanks for your information.

    Reply

  11. ratna
    Oct 18, 2009 @ 20:32:14

    i’m intersted in this topic after a black cat came towards me one night…

    Reply

  12. crazytainment.com
    Dec 03, 2009 @ 08:47:40

    Ada jg yg bilang klo kucing hitam itu jelma’an iblis, tp harus benar2 hitam dan semua’y hitam..
    Kalo ada warna lain sedikit saja misalkan putih brarti itu kucing biasa..

    Reply

  13. ratu belqis
    Dec 07, 2009 @ 21:48:16

    apapun….
    tu cuma mitos aja, g usah tllu dipikir ato dipercaya,
    just buat seru2an ajaaaaaa ^^

    Reply

  14. poetra
    Dec 09, 2009 @ 02:59:17

    aduh khan cuma mitos aja gw ga percaya

    Reply

  15. Hatmawati Bahri
    Dec 31, 2009 @ 13:56:38

    Assalamu’alaikum…. Postingannya boleh ku copy ya…. aku jg penyuka kucing kebetulan aku punya kucing hitam di rumah

    Reply

  16. Dyana Restanto
    Jan 11, 2010 @ 19:14:35

    Ada mitose tenang satu agama anarkisme.
    Kucing hitam mempunyai makna khusus untuk agama Streghe, mereka percaya dewi mereka, Diana, mengambil bentuk kucing hitam untuk menguasai kota Aradia dari Lucifer dalam mimpi Lucifer.

    Nama gw Dyana, dan kucing hitam akhir2 ini suka ada di jalan gw…
    mw ngampus, pulang kampus, dirumah…
    tuh kucing ada dimana2…

    ga tw deh demen ama gw, ataw apa….

    Reply

  17. rusman
    Jan 20, 2010 @ 22:29:30

    aku punya kok peliharaan kucing hitam….

    Reply

  18. Annila very like cat
    Jan 23, 2010 @ 18:04:19

    Msa sch smpe sGtunya?? Aq biasa z kok am kcing hTamQu… Gk sAngr ky gtH jga…

    Reply

  19. nupy
    May 27, 2010 @ 19:21:36

    oiia knp stiap qw py kciing htam jntan mstii bkaLan matii??????????apakh nii jg mitos??????????

    Reply

  20. yozz
    Jun 15, 2010 @ 14:41:36

    Dirumah ada tuh kucing hitam polos..jantan pula.
    Ga ada istimewa nya tuh kucing…malah sering ngumpet karena dikejar2 kucing jantan lain nya.
    Gw kirain tuh kucing bakal jadi jagoan..udah gede kok masih takut aja…wkwkwkwkwkwkw

    Reply

  21. Irfan
    Jul 20, 2010 @ 22:56:31

    Di rumah bnyk tu kucing hitam

    Reply

  22. amelia
    Sep 04, 2010 @ 11:53:12

    MASSA SIH BEGITU CERITA NYA???menurut w kucing hitam itu gak ada apa2 nya kok!!!tapi knp nya koq kebanyakan orang cina yg punya kucing hitam?

    Reply

  23. masta
    Sep 04, 2010 @ 11:55:43

    kucing item gak serem tuh!malahan luchuw buangetz!aq aja punya tp baik koz!

    Reply

  24. Nadya
    Sep 22, 2010 @ 17:54:28

    gag percaya….
    kucing tu pembawa keberuntungan!!!!
    qw pnya kucing bnyak gag pernah dpet sial!!!

    Reply

  25. M.Aljurjani
    Oct 05, 2010 @ 23:05:08

    siapa yang punya kucing 3atau4 warna? aku minta satu nanti saya ngasih hadiah RP50000,-

    Reply

  26. Trackback: MITOS MISTIS KUCING HITAM « Wandi2305's Blog
  27. uthe
    Jan 04, 2011 @ 20:33:22

    bener ga sich low kucing hitam itu jelmaan, cox q jg pux 1 kucing hitam d’rmah…????

    Reply

  28. rezka
    Mar 17, 2011 @ 19:49:29

    mau tambahan,,

    1) bagi para pelaut,, kucing hitam merupakan hewan yang dipercaya memiliki kekuatan untuk menagkal badai dan ombak besar saat mereka berlayar. Dan kucingnya harus yang hitam seluruhnya, gak boleh ada warna lain sedikitpun. Sampai saat ini masih banyak kapal-kapal yang mencari kucing yang hitam “sempurna” dan akan dibeli dengan harga yang cukup mahal.

    2) Mungkin bukan para Druid yang dipersalahkan, karena tradisi Halloween sendiri dibawa oleh bangsa Celtic untuk merayakan hari terakhir bercocok tanam (dulu namanya Samhain) yang merupakan perayaan sebelum musim dingin.

    Reply

  29. rezka
    Mar 17, 2011 @ 20:03:47

    buat aljurjani :
    kucing yang warna nya 3 – 4 itu termasuk sedikit,, karena warna kucing terpaut gen,, dan kalau tidak salah kucing jantan gak akan bisa tahan dengan gen untuk 3 warna,, akibatnya kucing tersebut akan mati. kalau kucing betina masih bisa survive untuk 3/4 warna.

    mengapa banyak orang percaya mitos?
    banyak orang yang percaya karena banyak pula yang pernah mengalami hal yang diceritakan mitos tersebut (baik secara kebetulan ataupun tidak).

    bahkan ada studi yang mempelajari mitos, mythology (mitologi) di beberapa universitas di dunia. hal ini menunjukan betapa besarnya efek dari sebuah mitos terhadap kehidupan masyarakt dunia.

    contoh, : banyak bangunan dikota besar yang tidak mempunyai lantai atau ruang benomor 4 dan 13.

    Reply

  30. ROSANTI
    Apr 12, 2011 @ 16:13:22

    KUCING HITAM WAS MISTERIUS

    Reply

  31. dhentbaghoes
    Apr 28, 2011 @ 08:24:38

    ini di depanku lagi ada kucing hitam yang gemuk dan gede banget,jantan, padahal aku skrg lagi di kebun liat tanaman g tahu drmn asalnya tiba2 di antara tanamanku ada tuh kucing, saat aku masuk ke kebun dia langsung meong…meong…dan bermanja2 di kakiku, kmn aku melangkah dia pasti ikut, takut juga sih, sebagai catatan, aku lg berada di pedalaman kalimantan, jauh dari pemukiman penduduk, di sebelah kebunku banyak pohon2 yang rimbun dan rindang tempat monyet bermain2, semak belukarnya masih banyak, kdng jg ketemu ular kobra,kdg juga ada babi hutan masuk ke kebun, kira2 kucing siapa ya?pengennya aku bawa pulang, tapi masalahnya aku numpang di rumah orang, dan mereka pada benci kucing, sedang jarak dari kebun ke rumah ada 10km.

    Reply

  32. dhentbaghoes
    Apr 28, 2011 @ 08:44:12

    oh iya…kucing yg lg tidur di sampingku ini warnanya hitam legam, ga ada warna lain selain hitam, coba teman2 masuk sini google.com/m/url?channel=new&client=ms-opera-mobile&ei=s724Tbj5CcjprQeLnup0&q=http://www.indospiritual.com/artikel_tumbal-pesugihan-kucing-hitam.html&ved=0CBwQFjAJ&usg=AFQjCNHhqru3dAmI3LdsmGJpycuq0az96Q (maaf g bs bikin link) sepertinya kejadian nyata di suatu tempat.

    Reply

  33. dhentbaghoes
    Apr 28, 2011 @ 11:19:28

    buat temen2…pesenku hati2…kalau ketemu kucing hitam legam di tempat yg tidak semestinya, apalagi tidak tahu darimana asal usulnya sperti yang barusan aku alami, lebih baik hati2 daripada terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, terlepas dari mitos atau apapun itu namanya, karena kita di dunia ini tidak hidup sendiri, dan kita tidak pernah tahu apa yang sedang kita hadapi, yang sedang berada di depan kita, yang sedang mengincar kita, pada beberapa kejadian, miitos muncul karena ada yang pernah mengalami, wallahu a’lam…

    Reply

  34. dery
    May 27, 2011 @ 17:53:37

    mau tnya nie, ditmpat ak krja da kcing hitam, ap it brbahaya gk?

    Reply

  35. rudiyanto
    Jun 01, 2011 @ 23:32:52

    saya pemilik sepasang kucing hitam,tapi kayaknya gak pernah terjadi hal yang buruk-buruk,mereka saya anggap sahabat.Walaupun saya percaya mitos seperti itu.

    Reply

  36. nene
    Jul 20, 2011 @ 15:03:18

    kucing ku satu2nya warnanya juga hitam legam hlo…
    biasanya kalo q d rumah sndiri tuh kucing yg nemenin aku,
    n saya juga fifty2 (gak terlalu percaya) sama mitos itu…

    Reply

  37. Ieza
    Jul 23, 2011 @ 21:33:21

    Aura kucing hitam mmang agak seram c…
    Tp pnya nlai estetika juga ko…

    Reply

  38. Rahma Safira Amalia
    Aug 07, 2011 @ 15:51:51

    Kucingku warna hitam,tpi aku gk kenapa napa…

    Reply

  39. alvia marata azmie
    Sep 02, 2011 @ 08:20:12

    kucing hitam tu gak slalu serem. kucingku warnanya item tpi imut n maniez.

    Reply

  40. Winda
    Oct 04, 2011 @ 12:26:48

    Qw dl pnya kucing item tp,skrng dy udh prgi ( jgn2 ngambek )
    Tp,Qw sring maen ma dy n Qw suka liat dy wkt guling2 imOet bgt
    Yaa.H skrng kesepian biasany dy meOng2 wkt Qw brngkt sklh ,
    ( mgkn yapa Qw, : D )

    Reply

  41. Javck
    Oct 10, 2011 @ 20:33:50

    Wah brusan saya melindas kucing hitam full d’dpn warung n’ kucing’a dead trus aya d’suruh ng’bur tu kucing am orng liat, trus sya kuburin tu kcing biz saya kasihan bgt am tu kucing n’ saya fifty” ma tu mitoz…
    N’
    Smoga mitoz” yg mngatakan lo qta melindas kucing n’ kcing’a dead bza bwa sial itu hanyalah mitoz belaka,
    trus lo mitoz bahwa kucing itu bwa k’bruntungan …, emmms bleh jga tu….,!!!

    Salam kenal !!!

    Reply

  42. Tata
    Jul 17, 2012 @ 21:38:19

    aku baru aja ngeliat kucing hitam legam. kejadiannya sih baru tadi. di tempat aku skrg abis hujan, jd gerimis gitu. pas lagi malem2 nih. trus aku manggil kucing2ku krn mau dikasi makan. eh tau2 muncul kucing hitam legam berjalan kearahku sambil sesekali mengeong. gatau asalnya darimana, kirain kucing tetangga. aku alihkan perhatianku dari kucing itu sebentar. pas mau liat kucing itu lagi rupanya udah gaada/menghilang. tiba2 aku jadi takut. aku orang yg mudah percaya dgn hal mistik yg berhubungan tentang kucing hitam. tapi aku percaya, Allah SWT pasti sedang mengujiku agar aku lebih sering taat beribadah (shalat) dan menyembah-Nya. Wallahu allam..

    Reply

  43. bondan
    Jul 23, 2012 @ 09:42:20

    pirangin aja kucingnya…..kan beres..

    Reply

  44. iqbal
    Aug 27, 2012 @ 13:38:44

    ah, yg bener aja.. d rumah ak melihara kucing hitam,, sudah bertahun tahun tp gak pernah terjadi apa apa..
    malah sekarang dah punya anak,,

    Reply

  45. bahari
    Apr 16, 2013 @ 07:44:15

    aq punya kucing hitam masih kecil ,tp udah mati ,comel banget. tp udah mati ,sakit dia nya aq sedih , baru mau beliin susu.

    Reply

  46. adizaenal24
    Jun 01, 2013 @ 18:36:50

    Pantesan baru2 ni aku udah 3 kali liat kucing hitam.udh itu aku kna demam,pusing,flu,ma batuk.ehk bru mau smbuh ngliat kucing hitam lgi jdi skit lgi.n merinding jga kaget trus pas liat kucing hitam tsb.

    Reply

  47. ale
    Aug 26, 2013 @ 22:00:22

    Saya punya kucing hitam jenis kelamin jantan, dan kehidupan kami baik” saja…
    saya rasa kita jangan terlalu larut oleh sebuah mitos.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 579 other followers

%d bloggers like this: