| I’m Not a Girl,Not yet a Woman

Usiaku hampir menginjak 20 tahun ini.Tapi entah mengapa rasa tanggung jawab dan kepribadian layaknya orang dewasa masih belum ada dalam diriku….

Aku masih manja,ceroboh,dan sangat tergantung pada orang lain

Cengeng,egois ,dan suka menang sendiri…

Kadang aku berpikir,”Ya Tuhan,apakah aku akan selamanya seperti ini?”

Aku ingin menjadi pribadi yang dapat diandalkan

Boro-boro mau jadi dewasa…

Kalo menyelesaikan masalah kecil aja aku belum mampu…

Tapi itulah aku.Kadang aku bertanya

“Apa itu dewasa ?”

”Apa jika sudah dewasa itu berarti sudah mampu hidup jauh dari orang tua?”

“Apa dewasa itu berarti sudah bisa mencari uang sendiri?”

“ Apa dewasa itu artinya kita boleh nonton film2 berlabel dewasa??”

Sulit aku mencari jawabannya karena ketika aku melihat,ternyata kenyataan di luar malah jauh berbeda dari perkiraanku sebelumnya.

Menjadi tua itu pasti,tetapi menjadi dewasa itu belum tentu.

Kata-kata itu kubaca dari buku tulis temanku.Menurutku,seseorang disebut dewasa itu lebih karena sikapnya.Tau mana yang benar dan mana yang salah.Bisa menjadi seorang pemimpin,minimal untuk dirinya sendiri.Dia bersikap bijaksana dalam menerima dan menjalani kehidupannya. Karena jika dewasa hanya dipandang sebagai pertambahan usia maka itu sangat tidak sesuai karena jika dilihat dari kenyataan saat ini masih banyak orang2 tua (bukan orang yang sudah udzur lhoooo….!!!) yang sikapnya masih seperti anak kecil.

Atau mungkin suatu kedewasaan juga dapat dipandang sebagai kemampuan seseorang dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah.Baik dari cara dia menerima masalah,menghadapi,dan menyelesaikannya.

Dan sampe detik ini dari semua kriteria di atas aku merasa belum memiliki satu kriteria dewasa sama sekali.

Leave a Reply

