Peduli Lingkungan Kurangi Pemanasan Global

MUNGKIN Anda menduga, udara yang akhir-akhir ini makin panas, bukanlah suatu masalah yang perlu kita risaukan. Hanya sekedar awan yang tak kunjung datang menutupi terik matahari atau memang bontang yang tak kenal akan musim.

“Mana mungkin sih tindakan satu-dua makhluk hidup di jagat semesta bisa mengganggu kondisi planet bumi yang maha besar ini?”, barangkali begitulah yang kita pikirkan selama ini.

Guna menjawab pemikiran tersebut, baru-baru ini, Inter-governmental Panel on Cimate Change (IPCC) mempublikasikan hasil pengamatan ilmuwan dari berbagai negara. Isinya sangat mengejutkan. Selama tahun 1990-2005, ternyata telah terjadi peningkatan suhu merata di seluruh bagian bumi, antara 0,15 – 0,30 C.

Jika peningkatan suhu itu terus berlanjut, diperkirakan pada tahun 2040 (33 tahun dari sekarang) lapisan es di kutub-kutub bumi akan habis meleleh. Dan jika bumi masih terus memanas, pada tahun 2050 akan terjadi kekurangan air tawar, sehingga kelaparan pun akan meluas di seantero jagat.

Udara akan sangat panas, jutaan orang berebut air dan makanan. Napas tersengal oleh asap dan debu. Rumah-rumah di pesisir terendam air laut. Luapan air laut makin lama makin luas, sehingga akhirnya menelan seluruh pulau. Harta benda akan lenyap, begitu pula nyawa manusia.

Nah, sebelum hal itu terjadi, ada banyak langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi pemanasan Global. Simak langkah-langkah berikut.

1. Kurangi menerima brosur, katalog, flyer dan sebagainya. Kalau lagi jalan-jalan di mal trus ditawarin kertas-kertas semacam ini, jangan diambil untuk kemudian di buang di tong sampah depan. Kalau kasihan dengan sales yang nawarin, berhenti sebentar untuk baca, lalu kembalikan flyer tersebut. Nggak usah takut dibilang aneh, this is a green area you all! 10 kg kertas dihasilkan dari 1 pohon.

2. Belum punya mobil hybrid, belum pakai biofuel, pastikan mobil kamu dalam kondisi terbaiknya sehingga nggak boros bensin, ban yang kurang angin saja bisa boros CO2 sampai 100 kg per tahun.

3. Don’t let the little red light on. Mematikan secara tuntas satu elektronik saja bisa mencegah 450 kg CO2 melayang ke udara tiap tahunnya. Bila ingin make over kamar dan mengganti warna cat tembok, pastikan kamu pilih cat yang terbuat dari latex daripada yang berbahan dasar minyak. Pasalnya, cat latex mengeluarkan lebih sedikit gas dalam proses pengeringannya.

4. Choose walk. Kalau untuk jarak 100-200 meter saja sebaiknya kita yang masih muda cukup berjalan kaki. Bila budaya jalan kaki dan fasilitas pejalakn kaki sudah bagus, pasti kota besar nggak akan sesumpek dan semacet ini.

5. Rumah kamu termasuk pengguna mesin cuci? Bila tidak menggunakan fitur pengeringnya, bisa hemat CO2 sampai 300 kg pertahun lho.

6. Ayo jadi pelopor untuk mematikan lampu kelas setiap kali istirahat, pelajaran olahraga, dan pulang sekolah. Menurut sebuah survey di Amerika, kalau 10.000 sekolah mematikan lampu mereka selama 1 menit saja sudah menghemat 720 miliar rupiah. Gimana kalo lebih dari 1 menit?

7. Tanam Kepedulianmu! Setiap hari 10 pohon ditebang di Indonesia tanpa sanksi yang jelas. Padahal, satu pohon berarti nafas untuk banyak paru-paru di dunia. Pertahankan hak kita untuk bernafas, tanam pohonmu sekarang juga!

8. Berlama-lama menggosok badan di kamar mandi sih boleh-boleh saja. Tapi airnya jangan dinyalakan terus, selalu ingat untuk irit air saat mandi dan gosok gigi. Sementara itu, kalau pakai air panas, set temperaturnya sebatas nggak dingin aja, ngaruhnya sama kayak AC.

9. Gunakan power strip yang ada switch on atau off-nya di kamar kamu. Jadi kalau kamu mau pergi tinggal klik dan semua aliran listrik akan berhenti, tapi ada juga power strip yang bekerja kurang baik. Untuk mengetahui penyebabnya, maka tes power strip tersebut dengan memegang kepala colokan dalam keadaan mati. Kalau terasa hangat, berarti masih ada arus listriknya dan kamu harus mencabut colokan dari pangkalnya.

10. Atur temperatur AC kamu nggak terlalu dingin. Pada malam hari, pakai selimut yang tipis saja supaya setingan AC tidak perlu mencapai angka belasan. Pastikan juga jendela kamu nggak ada yang “bocor”. Menaikan dua derajat temperatur saja sudah menghemat 900 kg CO2 dalam satu tahun.

Jadi, kunci utama ialah memupuk kesadaran diri sendiri untuk menjaga lingkungan Anda. Sudahkah Anda melakukannya? (berbagai sumber) (nsa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: