Merawat Kucing

Berat lahir anak kucing berkisar antara 2-4 ons, dan akan naik 2 kali lipat pada minggu pertama. Pada minggu ke-3 kucing sudah bisa merangkak, dan minggu ke-4 sudah bisa bermain. Bagi yang pingin mengadopsi kucing, idelanya umur 3 bulan, sebab pada umur tersebut kucing sudah hidup mandiri, sudah lepas masa sapih, bisa makan sendiri dan telah mendapatkan gizi (kolostrum) yang cukup dari induknya.

Pemberian vaksinasi pada kucing dilakukan pada umur 4 minggu, dilanjutkan umur 8 minggu, dan usia 12 minggu pemberian vaksin sudah lengkap. Umur sapih anak kucing adalah 4 minggu. Sebaiknya anak kucing jangan dipisahkan dari induk sampai umur 8 minggu karena akan rewel dan manja. Kandang harus dijaga tetap kering, bersih, dan hangat paling tidak sampai mereka berumur 3-4 bulan, sebab suhu tubuh mereka masih labil, sehingga dapat mengganggu kesehatan khususnya pencernaan.

Pemberian susu sapi pada kucing harus dihindari sebab dapat menyebabkan diare. Berikan susu khusus anak kucing yang biasa dijual sebab susu tersebut sudah diformulasi untuk memenuhi kebutuhan gizi pada anak kucing. Air minum juga harus yang bersih dan sudah dimasak untuk menghindari kemungkinan telah terkontaminasi bakteri atau parasit tertentu yang dapat menyebabkan kucing sakit. Pada usia 8 bulan, anak kucing dapat diberikan makanan padat atau makanan khusus anak kucing. Nutrisi anak kucing dan kucing dewasa berbeda, sehingga bila akan membeli makanan untuk kucing, perhatikan label kemasannya. Bila terdapat tulisan complete berarti makanan tersebut sudah memenuhi semua kebutuhan kucing, sedangkan bila tertulis complementary, berarti masih membutuhkan makanan lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing. Fekuensi pemberian makan untuk anak kucing 3-4 kali sehari, diberikan sedikit-sedikit tetapi sesering mungkin. Tetapi ketika berumur 3-6 bulan, pemberian cukup 3 kali/hari, umur 6 bulan ke atas cukup 2 kali/hari, pagi dan malam hari.

Hindari pemberian daging dan ikan mentah. Daging mentah bisa membawa sista toksoplasma, sehingga perlu dimasak terlebih dahulu sebelum diberikan. Ikan mentah mengandung enzim thiaminase yang akan merusak thiamin sehingga kucing akan mengalami defisiensi thamin (vitamin B1). Oleh karena itu, ikan harus dimasak agar thiaminase yang ada rusak. Vitamin B1 penting untuk memlihara oto dan saraf, karena berperan dalam regenerasi sel saraf.

Putih telur dan hati mentah juga harus dihindari sebab putih telur mengandung enzim avidin yang merusak biotin pada putih telur, padahal biotin (vitamin H) berperan dalam pembentukan asam amino, gula, asam lemak, membantu fungsi glandula tiroid dan pembentukan protrombin bersama vitamin K yang baik untuk keindahan kulit dan rambut. Biotin akan memelihara kesehatan kulit dan rambut, membantu pertumbuhan, pencernaan, dan agar otot berfungsi dengan baik. Pada beberapa hewan ia akan mempengaruhi jumlah anak/kelahiran. Sementara hati mentah terlalu kaya vitamin A sehingga bisa berakibat kelebihan vitamin A. Agar kadarnya turun, hati harus dimasak dahulu, selain itu pemanasan juga penting untuk mematikan bibit penyakit.

Pemberian ikan tuna menyebabkan defisiensi vitamin E, yang penting sebagi antioksidan, berperan dalam regenerasi sel, dan untuk menangkal radikal bebas. Vitamin E malindungi kulit dari oksidasi, memperkuat pembuluh darah dan melindungi kerusakan awal pembeuluh darah. Menu tulang lebih berefek terhadap obstruksi saluran pencernaan, sebab strukturnya yang keras bisa menyumbat kerongkongan dan merobek lambung dan usus.

Pemberian coklat pada kucing juga berbahaya karena dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga terjadi gangguan jantung. Pemberian susu juga harus memperhatikan kesehatan kucing sebab ada beberapa kucing yang bersifat laktosa intoleran, sehingga pemberian susu harus dihentikan. Sementara kucing yang sehat-sehat saja diberi susu boleh dilanjutkan pemberiannya. Pemberian sisa makanan akan mengganggu keseimbangan nutrisi kucing, sebab kandungan gizinya tidak diketahui kandungan gizinya.

7 Comments (+add yours?)

  1. ratu belqis
    Jul 22, 2008 @ 05:19:27

    yg ptg dalam merawat kucing adalah memahami dan menyayanginya.

    Reply

  2. iloel
    Aug 23, 2008 @ 17:43:37

    kucing dirumah sama skali ga mau nyusui anaknya yg baru lahir. Malah waktu dipaksa masuk ke kotak anaknya si kucing langsung brontak dan kabur. Dikasih su2 apa jadi nih anaknya dan gimana cara nyuapinnya. Kemaren dah aq coba kasih dancow (tanpa gula tentunya) dan aq suapin pake sedotan, tapi kayaknya kurang efektif. Bisa bantu? Tolong yaaaa, pls… ga tega liat n dengar si kitten jerit2 mulu…😦 Thanx b4

    Reply

  3. ratu belqis
    Aug 24, 2008 @ 20:26:48

    coba dikasih susu formula (biasanya buat balita),bikinnya yang encer aj (tapi jgn terlalu encer) n suhunya dibuat seprti suhu badan si puss (biasanya sekitar 38-39 C),kadang buat pertama kali kita kudu tega maksa si puss buat minum susunya,dicekokin pake sendok atw diapain lah…..kucing kalo masih terlalu kecil belum bisa pake sedotan.

    Reply

  4. chanta
    Jan 22, 2009 @ 13:12:20

    gmana y cra ngerawat kucing yang bru lahir tapi ga ada induknya .
    kmren sya ksh susu tapi ga mau minum dy .
    gmana donk ?

    Reply

    • ratu belqis
      Jan 24, 2009 @ 09:13:09

      emang agak susah ngrawat kucing yang dari lahir ditinggal induknya,tapi bisa tetep dicoba koq
      coba kasih susu formula untuk bayi,yang diseduh air panas,sekitar 37 derajat suhunya,kemudian di suapin pelan2 ke si kucing tu,pake pipet,harus hati2 n telaten,karena pada awalnya kucing emang susah buat dikasih susu formula,pada saat bikin susu juga usahakan jangan terlalu kental karena malah bisa bikin si kucing jadi diare
      met mencoba yaaa…….

      Reply

  5. Sarah
    Sep 06, 2011 @ 11:21:33

    kucingku umurnya baru 2 minggu , udah pisah sama induknya . susu apa yg cocok ya ? makanannya apa ? tolong bantuannya🙂

    Reply

  6. Erlyna
    Oct 28, 2014 @ 01:23:32

    susu formula apa ya yang bagus buat anak kucing umur 5hari yg dah di tinggal induknya jangan yang mahal’ yang penting

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: