Bahaya Pestisida Mengintai Kehidupan

Pestisida adalah racun yang tidak ramah lingkungan karena dapat membunuh makhluk hidup sekaligus mencemari tanah, udara, dan air. Akibatnya, zat kimia yang terkandung dalam pestisida sangat mungkin meracuni orang lain yang tidak bersinggungan secara langsung dengan pestisida.
Misalnya, ketika petani menyemprotkan pestisida untuk memberantas hama, residu zat kimia akan mengendap pada tanaman dan tanah pertanian. Bila petani memegang tanaman setelah disemprot atau mencampur larutan pestisida tanpa sarung tangan petani dapat terkena iritasi kulit. Udara di sekitarnya pun turut terkontaminasi dan dapat menyebabkan gangguan saluran pernapasan.
Selain itu, bila ada air mengalir, zat kimia di dalam tanah akan terlarut dan terbawa hingga ke sungai. Masyarakat yang menggunakan air sungai untuk konsumsi atau mandi, cuci, dan kakus akan terkena dampaknya seperti sakit perut atau penyakit kulit.
Efek berantai tersebut masih bersifat keracunan akut yang terjadi pada saat pertisida digunakan. Padahal, jika kejadian tersebut berulang-ulang selama sekian lama, akan menyebabkan keracunan kronis yang dapat menimbulkan berbagai penyakit mematikan.
Jadi, tidak benar jika ada iklan “Pestisida Ramah Lingkungan” karena pestisida memang tidak pernah aman bagi lingkungan dan makhluk hidup.

(sumber:Litbang Kompas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: