kasein pada Susu

Susu terdiri dari tiga komponen utama: air, lemak, dan protein. Protein yang terdapat dalam susu terdiri dari dua jenis, yakni kasein dan whey. Seperti kita pelajari di SMA dulu, ciri dari protein adalah terdapatnya unsur N pada rantainya, tidak seperti lemak dan karbohidrat yang hanya terdiri dari unsur C, H, dan O.Protein merupakan senyawa yang sangat kompleks,terdiri dari 80% kasein dan 20% whey.Kasein termasuk jenus phospoprotein,terdiri dari beberapa unit asam amino yang terikat dengan ikatan peptida.

Protein merupakan bahan makanan yang sangat penting dalam menyusun komponen-komponen sel, terutama dalam proses pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup. Kadar protein yang terdapat dalam susu berkisar antara 2,8 persen sampai 4,0 persen. Protein yang terdapat dalam susu terdiri dari sebagian besar kasein, sampai mencapai sekitar 80 persen. Oleh karena itu kasein sering disebut sebagai protein susu.

Selanjutnya Lehninger (1982) menjelaskan, bahwa dengan teknik fraksinasi secara klasik dari protein susu yang dijalankan dengan proses sedimentasi, maka macam protein susu yang dihasilkan terdiri dari kasein, laktoglobulin, dan laktalbumin. Namun setelah ditemukan teknik yang baru, ternyata masing-masing komponen tersebut masih terdiri dari fraksi-fraksi yang lain.Menurut Adnan (1984), kasein di dalam susu merupakan partikel yang besar. Di dalamnya tidak hanya terdiri dari zat-zat organik, melainkan mengandung juga zat-zat anorganik seperti kalsium, phosphor, dan magnesium.

Kasein yang merupakan partikel yang besar dan senyawa yang kompleks tersebut dinamakan juga kasein misel (casein micell). Kasein misel tersebut besarnya tidak seragam, berkisar antara 30 – 300 mµ. Kasein juga mengandung sulfur (S) yang terdapat pada metionin (0,69%) dan sistin (0,09%). Kasein adalah protein yang khusus terdapat dalam susu. Dalam keadaan murni, kasein berwarna putih seperti salju, tidak berbau dan tidak mempunyai rasa yang khas. Selanjutnya Buda dkk. (1980) menjelaskan, bahwa kasein dapat
diendapkan oleh asam, enzim rennet dan alkohol. Oleh karena itu kasein dalam susu dapat dikoagulasikan atau digumpalkan oleh asam yang terbentuk di dalam susu sebagai aktivitas dari mikrobia.

10 Comments (+add yours?)

  1. Andien azzahra
    Oct 31, 2008 @ 04:33:07

    Assalamualaikum ukhti,
    ana juga chemister dari haluoleo university Kendari Sultra. Kebetulan lagi ikut riset doosen tentang bakteri termofilik dari sumber air panas di daerah sultra. kalau ada info or jurnal terbaru untuk itu tolong dong di kirimin. ditunggu ya di alamat emailku andien_shafira_azzahra@yahoo.com

    Jazakillah khoir.

    Reply

  2. john
    Mar 13, 2009 @ 10:38:11

    kalo ada minta kirimin struktur kasein dungk
    email ku
    son_of_man85@yahoo.com
    tq banyak yahh.. lam kenal

    Reply

  3. ika
    Apr 23, 2009 @ 05:45:53

    assalamualaikum….
    saya ika chemister dari malang, mohon dikirimkan strukturnya kasein yach di alamat emailQ.
    ika21_chemist@yahoo.com
    Syukron…

    Reply

  4. arrayst
    Jul 24, 2009 @ 09:14:11

    bagus!!!

    Reply

  5. n4fi
    Mar 17, 2010 @ 23:11:00

    aq NaFi ank THT UB,tlg krimin struktur kasien ya…sma penjelasan laen ttg kasein,maksih banyak ya.

    n4fi_nizarmoets@yahoo.com

    Reply

  6. ratu belqis
    Mar 19, 2010 @ 13:39:51

    all : klo buat struktur ato pnjelasan laennya bisa cari2 ndiri deh di diktat biokimia atw di buku2 yg mmbahas ttg protein, thx b 4 ^.^

    Reply

  7. febri
    Jun 17, 2010 @ 11:34:07

    trimaksih bu8at sekilas infonya tentang kasein dalam susu.aku mau, jenis bakteri apa yang dapat merusak komponen selubung kasein? sejauh aku tahu, ada komponen lemak dan air bisa stabil pada susu karena selubung yang melapisi kasein. lapisan ini bisa rusak dan mengakibatkan susu rusak. aku juga mau tau, lapisan selubung itu apa ya?
    trimaksih

    Reply

  8. Drh. Astria Ardika
    Jul 24, 2010 @ 19:15:13

    Saya Drh. Dika lulusan FKH Unair 2004. thanks banget ya atas infonya … walau sedikit tp saya bener2 lagi membutuhkannya untuk mengatasi masalah yg sedang saya hadapi di lapangan soalnya ribet klo harus cari buku. Klo punya info tentang struktur susu yg lain boleh tuh bagi2 ^_^

    Reply

  9. sarie
    Oct 17, 2010 @ 21:02:14

    mbaaak belqiiis…kangen kamuu..hehehe
    -sari-

    Reply

  10. fara
    Oct 30, 2010 @ 21:56:39

    mnta Tolong struktur kaseinx dikirimin ke e-mail z dong soalx gi ada tugas. Mks sbLumx🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: