hidupQ untuk bersyukur….

Bersyukur itu ibadah mulia kepada Allah yang mudah dilaksanakan, tidak banyak memerlukan tenaga dan pikiran. Bersyukur atas nikmat Allah berarti berterima kasih kepada Allah karena kemurahan-Nya. Dengan kata lain, bersyukur berarti mengingat Allah yang Mahakaya, Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Penyantun. Allah cinta pada hambaNya yg bersyukur, tidakkah qt ingin menjadi hamba yg dicintaiNya? Tidaklah merugi menjadi hamba yg mendapat cintaNya.

Bersyukur bahagianya ada dalam hati. Sifat yg selalu merasa kurang bisa menjadikan seseorang tamak.Tamak bisa menjadikan sombong karena seseorang merasa pantas mendapatkan hal itu.

Terlupakah oleh manusia,bahwa Allah lah yang memberikan semua nikmat??

”fabiayyi alaa irobbikuma tukadzibaan”

”Nikmat Tuhan yg manakah yg engkau dustakan?”

Hal yg tdk disukai dari orang-orang disekeliling qt juga dapat menjadi pelajaran.Bila qt merasa sakit, jangan perlakukan orang lain seperti itu.Bila sebelumnya qt tak pernah berbuat seperti itu pada org lain, mungkin itu adl ujian agar bisa lebih sabar dan sabar

115)“Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepadaNya.Niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus-menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan pada tiap-tiap orang yang mempunyai balasan keutamaannya…” (QS. Huud : 3 )

Allah berfirman,”Dan terhadap nikmat Tuhanmu, hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur).” (QS Ad-dhuha [93]: 11).

3 cara bersyukur kepada Allah :

  1. dg hati nurani.

Kata hati berarti selalu benar dan jujur.krnnya, orang yg bersyukur dg hati nuraninya tdk pernah mengingkari banyaknya nikmat Allah. Dg detak hati yg paling dalam,qt mampu menyadari seluruh nikmat yg qt dpt tiap detikny berasal dari Allah.

  1. dg ucapan.

Ungkapan yang paling baik untuk menyatakan syukur kita kepada Allah adalah hamdalah.

Dalam sebuah hadis,Rasulullah bersabda, ”Barangsiapa mengucapkan subhanallah, mk baginya 10 kebaikan. Barangsiapa membaca la ilaha illaAllah, mk baginya 20 kebaikan. Dan, barangsiapa membaca alhamdulillah, maka baginy 30 kebaikan.”

  1. dg perbuatan,

Tubuh yg diberikan Allah pada manusia haruslah digunakan untk hal-hal yg baik.Menurut Imam al-Ghazali, ada 7 anggota tubuh yg harus dimaksimalkan untuk bersyukur.yaitu: mata, telinga, lidah, tangan, perut, kemaluan, & kaki. Semua ini diciptakan Allah sbg nikmatNya untuk qt. Lidah, misalnya, untuk mengeluarkan kata2 yg baik, berdzikir, & mengungkapkan nikmat. Bersyukur dengan perbuatan dapat juga dilakukan dengan mengamalkan semua ilmu agar menjadi manfaat bagi sesama.

7

Q.S Ibrahim:7

1 Comment (+add yours?)

  1. Javck
    Oct 10, 2011 @ 22:16:10

    ” Alhamdulillah ”

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: