aQ punya phobia…

Yups…
Aq punya banyak ketakutan pada hal2 tertentu….Banyak  bgt sampe2 aq sendiri bingung dgn keadaanku…munginkah ini yang di sebut phobia????

“ISTILAH phobia berasal dari kata ‘phobi’, yang artinya ketakutan atau kecemasan bersifat tidak rasional yang dirasakan atau dialami seseorang. Phobia merupakan suatu gangguan yang ditandai oleh ketakutan terhadap suatu obyek atau situasi tertentu.”

Atau kalo menurutku Phobia bisa diartikan sebagai suatu ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal. Ada beberapa macam hal yang bisa memicu terjadinya phobia, misalnya peristiwa seperti kecelakaan, atau kejadian-kejadian lainnya yang membuat seseorang menjadi trauma dan merasa takut secara tiba2 pada saat menemui hal yang berhubungan dengan hal tersebut. Ini menurutku lho…..
Ini sering kualami,takut pada hal-hal yang semestinya ga aq takutkan.kadang kerasa ga jelas,secara logika hal2 yang aq takutkan sama sekali ga beralasan,namun tetep aj ketakutan setengah mati.

“Menurut konsultan ilmiah Christine V Meaty. Psi, phobia dapat dikelompokkan secara garis besar dalam tiga bagian, di antaranya:
Phobia sederhana atau spesifik (phobia terhadap suatu obyek atau keadaan tertentu) seperti pada binatang, tempat tertutup, ketinggian, dan lain lain.”

Ini juga salah satu bagian diriku,aq takut banget sama laba-laba berbulu,sama induk ayam yang masih ngemong anaknya yang masi kecil2,takut bgt sama kegelapan n sendirian….:(

”2. Phobia sosial (Phobia terhadap pemaparan situasi sosial) seperti takut jadi pusat perhatian. Orang seperti ini senang menghindari tempat-tempat ramai.”

Kalo ini ga sama sekali….mungkin kalo aq jadi pusat perhatian aq malah PeDe abisss,….hehehe…emang calon artis sih..:)

“3. Phobia kompleks (Phobia terhadap tempat atau situasi ramai dan terbuka misalnya di kendaraan umum atau mal). Orang seperti ini bisa saja takut keluar rumah.”

Alhamdulillah…ni juga bukan merupakan ketakutanku,kalo ad di tempat rame aq malah seneng2 ae

Pada dasarnya , hampir smua benda bisa bkin seseorang merasakan phobia. Seperti yang aq bilang td, dengan adanya kejadian yang membuat trauma bisa menyebabkan kita menjadi ketakutan ketika menemui hal itu kembali. Seperti aq, takut laba-laba jg bukan karena ga ada alsan. Penyebabnya itu dulu pernah dirambatin satu laba-laba gede,segede telapak tangan orang dewasa,berwarna coklat n berbulu.Hal itu sukses bikin aq trauma mpe sakit panas.n kalo phobia sama induk ayam yang masih ngemong anak2nya yang kecil2 tu karena dulu pernah di sruduk si induk ayam gara2 ku lari2 cuek nerobos kawanan mereka yang gy asik korek2 tanah….dasar ayam jelek. Untungnya sih ga sampe bikin aq phobia makan ayam bakar. Ada satu lagi, ga ngerti ini bisa dikategorikan sebagai phobia ato bukan. Yang jelas, ini  bisa bikin aq gelisah, ga tenang dan susah bwt tidur. Aq takut bgt kalo udah di tempat tertutup n sendirian.entah kenapa padahal di situ jelas g ad apa2,seperti ketika aq disuruh jaga rumah gara2 orang tuaku mengunjungi sodara,saat itu aq sendirian di rumah,dari siang sampe malm,semua pintu rumah udh ketutup rapet,tapi aq sendiri g brani masuk rumah….apalagi mnjelang malam,aq udh nongkrong di luar nungguin ortuku pulang,padahal di rumah ga ada ap2,tapi ya itu…..sering kerasa merinding dewe,,…apalagi kalo ada sekelebatan di deket2 jendela kamarku,padahal Cuma daon pisang yang bergoyang,tapi malah bikin aq takut bgt n g berani masuk kamar.:(

Banyak banget istilah yang menamakan phobia terhadap hal tertentu.

Ablutophobia – takut untuk mencuci atau mandi
Acerophobia – takut akan rasa asam
Achluophobia – takut akan kegelapan
Acousticophobia – takut akan kebisingan
Acrophobia – takut akan ketinggian
Aeroacrophobia – takut akan ruang terbuka di ketinggian
Agliophobia – takut akan rasa sakit.
Agyrophobia – takut akan jalan atau menyeberang
Aichmophobia – takut akan jarum atau benda runcing
Alektorophobia – takut akan ayam
Allodoxaphobia – takut akan pendapat
Altophobia – takut akan ketinggian
Amathophobia – takut akan debu
Ambulophobia – takut untuk berjalan
Amychophobia – takut digaruk atau menggaruk
Ancraophobia – takut akan angin (Anemophobia)
Androphobia – takut pria
Angrophobia – takut marah
Anthropophobia – takut orang atau masyarakat
Antlophobia – takut banjir
Aphenphosmphobia – takut disentuh (Haphephobia)
Apiphobia – takut lebah
Arachibutyrophobia – takut selai kacang nempel di langit-langit mulut
Arachnephobia or Arachnophobia – takut laba-laba
Arithmophobia – takut angka
Arsonphobia – takut api
Asthenophobia – takut pingsan
Astrophobia – takut bintang atau ruang angkasa
Asymmetriphobia – takut benda asimetris
Athazagoraphobia – takut lupa, dilupakan
Atychiphobia – takut akan kegagalan
Aurophobia – takut emas
Automysophobia – takut kotor

Aviophobia or Aviatophobia – takut terbang
Ballistophobia – takut misil/peluru
Barophobia – takut akan gravitasi
Bathmophobia – takut akan tangga atau bidang miring
Bathophobia – takut akan kedalaman
Bibliophobia – takut akan buku
Bufonophobia – takut katak
Caligynephobia – takut wanita cantik
Carnophobia – takut daging
Cathisophobia – takut duduk
Catoptrophobia – takut cermin
Chaetophobia – takut akan rambut
Chionophobia – takut akan salju
Chiraptophobia – takut disentuh
Chirophobia – takut akan tangan
Chorophobia – takut menari
Chrometophobia or Chrematophobia – takut uang
Chromophobia or Chromatophobia – takut akan warna
Chronophobia – takut akan waktu
Cibophobia – takut akan makanan
Cleithrophobia or Cleisiophobia – takut terkunci di ruang tertutup
Cleptophobia – takut kemalingan
Clinophobia – takut tidur
Coimetrophobia – takut akan kuburan
Coitophobia – takut akan coitus
Coprastasophobia – takut akan sembelit
Coprophobia – takut akan feces
Coulrophobia – takut pada badut
Cyberphobia – takut akan komputer
Deipnophobia – takut makan malam
Demonophobia or Daemonophobia – takut setan
Dentophobia – takut dokter gigi
Dextrophobia – takut pada benda di sebelah kanannya
Didaskaleinophobia – takut pergi ke sekolah
Dipsophobia – takut minum
Dishabiliophobia – takut melepas baju di depan seseorang
Dystychiphobia – takut kecelakaan
Ecophobia – takut akan rumah
Electrophobia – takut pada listrik
Enochlophobia – takut pada keramaian
Entomophobia – takut pada serangga
Epistaxiophobia – takut pada mimisan
Epistemophobia – takut akan ilmu pengetahuan
Equinophobia – takut pada kuda
Ergophobia – takut pekerjaan
Febriphobia or Fibriphobia or Fibriophobia – takut demam
Felinophobia – takut pada kucing (Ailurophobia, Elurophobia, Galeophobia, Gatophobia)
Gamophobia – takut pada pernikahan
Geliophobia – takut akan tertawa
Geniophobia – takut pada dagu
Genuphobia – takut pada lutut
Gerascophobia- takut menjadi tua
Glossophobia – takut berbicara di depan umum
Hadephobia – takut pada neraka
Haphephobia or Haptephobia – takut disentuh
Heliophobia – takut pada matahari
Hemophobia or Hemaphobia or Hematophobia – takut pada darah
Hippopotomonstrosesquippedaliophobia – takut pada kata-kata yang panjang
Hyelophobia or Hyalophobia – takut pada kaca
Hygrophobia – takut pada cairan
Hypsiphobia – takut akan ketinggian
Iatrophobia – takut pada dokter
Ichthyophobia – takut pada ikan
Koinoniphobia – takut pada kamar
Lachanophobia – takut akan sayuran
Laliophobia or Lalophobia – takut berbicara
Leukophobia – takut warna putih
Levophobia – takut pada benda2 di sebelah kiri
Linonophobia – takut pada benang
Lygophobia – takut akan kegelapan
Mageirocophobia – takut memasak
Medomalacuphobia – takut kehilangan ereksi
Medorthophobia – takut pada penis yang sedang ereksi
Melanophobia – takut pada warna hitam
Melophobia – takut atau benci musik
Menophobia – takut akan haid
Motorphobia – takut pada mobil
Musophobia or Muriphobia – takut pada tikus
Necrophobia – takut pada kematian
Nephophobia – takut pada awan
Noctiphobia – takut pada malam
Nosophobia or Nosemaphobia – takut sakit
Nostophobia – takut pulang ke rumah
Numerophobia – takut pada angka
Octophobia – takut angka 8
Ombrophobia – takut pada hujan atau kehujanan
Panophobia or Pantophobia – takut semuanya
Papyrophobia – takut pada kertas
Paraskavedekatriaphobia – takut hari Jumat tanggal 13
Parthenophobia – takut pada perawan
Pediophobia – takut pada boneka
Phalacrophobia – takut menjadi botak
Philemaphobia or Philematophobia – takut berciuman
Pogonophobia – takut pada janggut
Porphyrophobia – takut warna ungu
Pteromerhanophobia – takut terbang
Pyrophobia – takut pada api
Scolionophobia – takut sekolah
Selenophobia – takut pada bulan
Somniphobia – takut tidur
Tachophobia – takut pada kecepatan
Telephonophobia – takut pada telepon
Thaasophobia – takut duduk
Tremophobia – takut gemetar
Trichopathophobia or Trichophobia – takut pada rambut (Chaetophobia, Hypertrichophobia).
Triskaidekaphobia – takut pada angka 13
Urophobia – takut akan air seni
Vaccinophobia – takut akan vaksinasi
Venustraphobia – takut akan wanita cantik
Verbophobia – takut akan kata-kata
Vestiphobia – takut akan pakaian
Virginitiphobia – takut akan perkosaan
Wiccaphobia – takut akan sihir
Xanthophobia – takut akan warna atau kata kuning
Xenophobia – takut akan orang asing
Xerophobia – takut akan kekeringan
Xylophobia – takut akan benda dari kayu
Xyrophobia – takut akan pisau cukur
Zelophobia – takut cemburu
Zeusophobia – takut akan Tuhan

1 Comment (+add yours?)

  1. truebluemma
    Jan 24, 2009 @ 23:25:37

    Haluw chayank…
    duwh byk bgt yak nama2 pobianya? mpe puyeng bacanya. Kalo aku nama phobianya apa yak?
    Aku takut Tikus (musopobia), Petir, takut yang kotor2, preman cowok jelek, …mmh mmmh ama bencong.:D

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: