My lost treasure (perangko jadulll…..)

Sempet teringat sm my lost treasure,hehehhee….setelah lama berkubang di antara tumpukan properties lamaku, finally I found it, tadaaaaa……..!!!! my Stamp album, Cuma 1 sih, dan satu2nya yang aku punya, hwehehehee……G sengaja teringat gara2 liat terbitan perangko seri peresmian suramadu bridge di kantor pos, n tu bikin aq semangat lagi buat meneruskan hobby yang tertunda, filatelis,gini gini,walopun Cuma punya 1 album prangko tapi penuh lhoooo….n isinya bervariasi hehehhehe….nih..aq pamerin yaaaaa…

my sTamp album

Seri 1 (Pahlawan Nasional)

pahlawan Nasional

Ini kumpulan perangko dengan judul seri pahlawan nasional. Barisan paling atas adalah mantan presiden Soeharto, yg paling kiri adalah perangko keluaran 1993 senilai Rp 300,-, kalo sebelah kanannya lagi adalah perangko keluaran 1990 senilai Rp 700,-, dibawahnya adalah perangko bergambar mantan ibu negara, ibu Tien Soeharto, perangko ini keluaran 1996 senilai Rp 700,-. Di sebelahnya perangko ibu tien ada pak soeharto lagi, keluaran taun 1980 senilai Rp.50,- ,perangko Cuma 50 perak kira2 bisa kirim surat ke mana yaaaa??? #@$%?%*& hehehehe….di bawahnya lagi ada perangko Ibu Sud, anehnya…setelah aq pelototin ternyata perangko ini ga ada taun keluarannya, Cuma tertera taun masa hidup dar Ibu sud 1908-1993 di bawah nominal Rp 900,-. Sedangkan yang paling bawah adalah perangko seri  100 tahun bung karno keluaran 2001 senilai Rp 1000,- & seri satu abad Bung Hatta keluaran 2002 senilai Rp 1500,-. Klo yang warna ijo di samping perangko Ibu Sud itu sebuah materai senilai -,30 (dibacanya 30 sen kali????), ga ada tanggal keluarannya,Cuma tertulis dipakai pas tanggal 27-9-1952 truss di bawahnya ada tulisan DERTIG CENT. Ga tau apa artinyaa…..???

materai

Seri 2 (Seri Pelita)

Pembangunan Lima Tahun (Pelita)

Yang kedua ni adalah seri pelita, dimulai dari pelita IV  tahun 1985 dengan tema peningkatan pelayanan haji, perangko ini punya nominal Rp 75,-,trus dilanjutkan dengan tahun 1986 dengan tema swasembada beras senilai Rp 500,-. Kemudian pelita V tahun 1992 dengan tema  Sarana perhubungan darat Indonesia bagian Timur dan Ahli teknologi,kemudian seri ini dilanjutkan pada tahun berikutnya,1993,dengan tema “Sumber Daya Manusia”…n ternyata halaman ini dapat sisipan perangko lainnya, ini diaaa, Tadaaaa….!!!

perangko sudirman cup

Ni adalah perangko dengan judul “menyambut Kemenangan regu Indonesia” dalam rangka sudirman cup tahun 1993. Good…good….good….

 

Seri 3 (Seri Cerita Rakyat)

Seri Cerita rakyat adalah yang paling aq suka cz seri ini selain bsa dinkmatin gambaranya sekaligus bisa dinikmati ceritanya, hemmm…. Ada beberapa perangko seri ini dengan tahun keluaran 1998, tapi dari semua seri yang aq punya ga ada yg ceritanya lengkap, paling banyak punya 2 biji untuk tiap seri cerita,padahal untuk 1 cerita lengkap biasanya terdiri dari 5 perangko atau lebih, aaaaahhhhHHH…..

cerita rakyat

Tiga baris teratas merupakan perangko keluaran 1998, baris paling atas cerita tentang Malin Kundang, aku punya 2 potongan terakhir, adegan pas malin kundang pulang dari merantau dilanjutin dengan adegan malin yang udah dikutuk jadi batu. Di bawahnya adalah cerita dari Jonggrang, adegan yang aq punya ketika roro jonggrang melihat Bandung Bondowoso menyerang kerajaan milik Roro jonggrang, kemudian adegan selanjutnya ketika roro jonggrang kasih syarat buat Bandung Bondowoso. Baris ketiga cerita tentang sangkuriang, potongan perangko yang aq punya bercerita tentang janji dayang Sumbi kepada pemuda yang mengambilkan alat tenun yang terjatuh, kemudian potongan lainnya tentang sangkuriang yang menendang perahu Dayang sumbi…di bawahnya ada potongan cerita rakyat suku Tengger, adegannya ketika Roro anteng dan Joko Seger bertapa di gunung Bromo, memohon kepada Sang Hyang Widhi agar dikaruniai Putra. Di sebelahnya ada cerita tentang Ile Mauraja dari Nusa Tenggara Timur. Jujur aja, aq belum pernah denger ttg cerita ini.hehehhee….kemudian di bawahnya ada perangko Putri Mandalika Nyale dari Nusa Tenggara Barat, n di sebelahnya ada cerita tentang Sawerigading dari Sulawesi Selatan.

 

sementara cukup ini dlu yaa yang aq posting, cz masih banyak cerita-cerita dari seri perangko yang lain….

1 Comment (+add yours?)

  1. inasakina
    Apr 24, 2011 @ 20:31:20

    hahahaha….
    ternyata selain masalah kuliah, kita juga punya kesamaan lainnya mbak..🙂
    aku juga filatelis lhoooo…
    jaman SD-SMP dulu..
    (hmmmmm… jadi penasaran ada dimana y album perangko ku itu?? –a)

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: