My lost treasure (perangko jadulll…..) part II

Seri 4 (Seri satwa)

seri satwa

 

Perangko dengan seri ini punya gambar hewan yang baguss n nama hewannya dipasang sekaligus dengan nama latinnya, kretif kan sebagai sarana edukatif J??? Contohnya  perangko bergambar itik alis keluaran taun 1998, di bawahnya sekalian juga tertulis nama latinnya,yaitu Anas superciliosa,trus ada juga gambar belibis polos (Dendrocygna javanica ) keluaran taun 2000, Trutu Coklat (Nettapus coromandelianus) keluaran taun 1998, dan Kambangan coklat (Aythya australis) keluaran taun 2000. Di bawahnya ada perangko seri wwf bergambar komodo(Varanus komodoensis) keluaran taun 2000, trus dilanjutkan dengan perangko bergambar kumbang pohon (Chrysochroa buqueti) keluaran taun 2001. Yang paling amazing adalah perangko lawas imut berwarna coklat, di perangko ini ga tertulis taun keluarannya, Cuma ada nominal perangko sebesar 10 sen dengan gambar KANTJIL.

Seri 5 (seri flora Nusantara)

Seri ini banyak macam gambarnya, hampir sama dengan perangko seri satwa, pada perangko seri flora juga dicantumkan nama latin dari flora tersebut, sayangnya aq Cuma punya 4 biji aja….:((

Sebelah kiri atas adalah gambar jamur Termitomyces eurrhizus, trus di sebelah kanannya adalah gambar jamur gloeophyllum imponens, truS yang sebelah kiri bawah adalah gambar jamur Microporus xanthopus, ketiga perangko gambar jamur ini merupakan perangko keluaran tahun 1999. Sedangkan perangko gambar belimbing manis (Averrhoa carambola) ini keluaran tahun 2002.

Seri 6 (seri kebudayaan)

Perangko seri ini menampilkan budaya dari masing-masing daerah. Bisa berupa tarian, upacara adat, atau kesenian daerah yang lain. Biasanya di samping gambar perangko juga terdapat nama kesenian tersebut sekaligus dengan propinsi asal kesenian daerah tersebut. Contohnya sepertti gambar perangko di bawah ni mewakili kesenian dari daerah Bali, perangko keluaran tahun 2001 ini bergambar wajah Arsa Wijaya (sapa tuhhh???)

Gambar lainnya bisa berupa tari-tarian daerah, sperti gambar di bawah ini. Yang sebelah kiri gambar tari cawan dari propinsi Sumatra Utara, trus di sebelahnya gambar dari Tari Oreng-oreng Gae dari Sulawesi Tenggara.

Dalam seri ini juga terdapat beberapa gambar lainnya, seperti alat musik khas daerah, mainan tradisional anak-anak dsb. Seperti di bawah ini terdapat perangko keluaran tahun 2001 yang memuat gambar alat musik tradisional, seperti beduk,nafiri, dan kentongan. Trus ada juga gambar permaianan tradisonal anak-anak sperti tebak kaki siapa dan permainan enggrang bambu.

Seri 7 (seri khusus)

Beberapa perangko ada yang dikeluarkan secara khusus untuk memperingati event2 tertentu, contohnya perangko peringatan satu abad bung Hatta dan Bung karno (seperti yang udah disebutin di bag sebelumnya), trus ada juga perangko seri “125 years universal postal union 1874-1999”, jambore pramuka, seri event2 olahraga seperti Thomas cup 1986, uber Cup 1981, sudirman cup 1989,sea games XIX, dan piala dunia 2002 korea-japan. Ada juga perangko dengan event “hari perangko ecophilia” tahun 1998, perangko dengan tema “dialogue among civilization”, hari POLRI, seri WHO dengan kampanye kesejahteraan ibu tahun 1998 dan kampanye hemat energi.

Di antara seri seri tersebut sebenarnya masih banyak n banyak lagi seri perangko, wuiihhh….g keitung deh pokoknya….ada juga seri greeting stamp, yang gambar bunga2, perangko ini sangat umum dipakai oleh masyarakat, dan ada juga perangko bergambar planet, buat yang ini aq Cuma punya satu biji aja, perangko bergambar planet uranus (kasiannya dirikuu…L)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: