Lembar Kerja Siswa Bikinanku.

inilah antisipasiku saat menyadari bahwa pengetahuan murid-muridku masih kurang dan minim literatur. banyak waktuku tersita untuk mengajar di kelas. pagi SD dan sore SMP. malamnya untuk kegiatan masyarakat. belum lagi aktivitas di kecamatan dan kabupaten yang membuatku meninggalkan mereka. aku pun memutar otak, mencari cara bagaimana agar aku tetap bisa memberi mereka perhatian? tanpa aku meninggalkan kegiatanku di kecamatan/kabupaten. aku pun lantas berpikir untuk membuat LKS (Lembar Kerja Siswa), agar mereka bisa berlatih mengerjakan soal-soal ketika di rumah. awalnya aku hanya membuat LKS untuk tugas belajar selama aku ada kegiatan. LKS itu berisi soal-soal untuk beberapa hari. hanya review dari materi-materi yang selama ini sudah aku ajarkan. LKS itu juga kubuat agar guru-guru yang lain tidak terbebani mengajar kelasku selama aku pergi.

hari itu hari jumat, dan aku berencana pergi mudik (ke Putussibau) pada hari Sabtu. LKS aku bagikan di kelas menjelang pulang sekolah. LKS berisi sekitar 30 halaman, 6 mata pelajaran, bahasa Indonesia, Sains, IPS, PPkn, Matematika, dan Bahasa Inggris. Masing-masing mata pelajaran ada sekitar 30 soal esai dan isian. setelah aku jelaskan singkat mereka pun lantas pulang sekolah. siangnya, entah kenapa aku tidak melihat anak-anak bersliweran di depan rumah. begitu pun ketika aku pergi ke lapangan bola dan lapangan voli, sepiii…..hingga hari beranjak sore, aku tidak bertemu dengan anak-anak muridku di tanah tempat mereka main guli (kelereng). ke mana ini???

aku sedang makan malam, bersama adik, bapak, dan Umak. ketika anak-anak berbondong-bondong datang dan menyerahkan hasil pekerjaan mereka. aku pun kaget, terhenyak. ternyata mereka bisa menyelesaikannya dalam waktu singkat. tapi kemudian aku pun terdiam, bingung harus bagaimana???

Leave a Reply

