Putussibau setelah 6 bulan :)

IMG00305-20110904-0837

08.30 am ketika mobil taksi (carteran) kami mulai memasuki kecamatan putussibau dari arah jalur lintas selatan. Rasanya semangat ini sudah meletup-letup.. ga sabar menginjakkan kaki di kota yang menemaniku “belajar’ satu tahun kemarin. Aku baru meninggalkan kota ini 6 bulan lamanya, dan alhamdulillah dari 11 Pengajar muda batch 2, akulah yang mendapatkan kesempatan menginjakkan kaki (lagi) di sini. Ada pamali dari masyarakat, bahwa ketika orang (pendatang) sudah meminum air sungai kapuas, maka ia pasti akan kembali lagi ke kapuas hulu. Sepertinya itu sangat manjur dan berlaku buatku :p.

Tidak banyak yang berubah dari my second home ini, jalanannya masih itu itu saja.. masih banyak yang rusak, muter-muter seluruh kota juga cuma 10 menit, sepi, tidak makin luas juga Putussibau ini. Sinyalnya juga masih susah, smartphone dan sejenisnya ga berlaku, buang ajalah😛. Tapi.. kenapa justru kesederhanaan ini yang sukses bikin aku kangen, dan rasanya pingin jumping for joys cz udah sampe di sini. Perasaan ketika melihat jembatan Putussibau, melihat lanting, melihat sungai Kapuas, Speedboat, haaaahh…. cubit-cubit diri sendiri. Bahkan seperti mimpi aku sudah ada di sini (lebay).

Setelah istirahat sejenak, melepas capek setelah 17  jam merasakan perjalanan darat Pontianak-Putussibau, aku beranjak pergi kangen-kangenan dengan kota ini. Mataharinya masih menyengat, bahkan sunblock 24 SPF pun hanya bisa mengurangi sedikit sengatan matahari, hasilnya mukaku tetap memerah seperti kepiting rebus. Destinasi pertama adalah Cafe Bunga. Kenapa? karena pemilik cafe ini sudah seperti abang sendiri bagi kami. Tidak ada yang berubah juga, mulai dari menunya, orang-orangnya, dan kita masih bisa ngutang kalo belum ada duit😛.

cafe bunga

Destinasi kedua setelah itu adalah terminal air kota Putussibau. Masih dengan keramahan penduduk yang alhamdulillah (masih) mengenalku, walaupun komentar pertama mereka adalah “makin putih oiiiii, makin cantik, subak hitam legam, kusam, kusut, gendut pula, bila kak berlaki??” -___-” . Sambutan hangat juga datang dari para abang tukang ojek dan abang supir speedboat. Sayangnya air Kapuas sedang surut, jauh juga naik turunnya, tapi keseimbanganku masih ok loh buat lewat jembatan titian. Banyak tempat-tempat bersejarah bagi kami, selain terminal air, cafe bunga, pasar Putussibau, Lanting, dan rumah kak nina :)) Kakak kita yang satu ini sudah melakukan tindakan preventif untuk menyelamatkan kolam ikannya. sekarang di sekitar kolam ikan udah ada pot-pot bunga. Sangat efektif agar tidak ada korban yang “jatuh” lagi ke sana (colek Jaka, Dimas, Neti, dan Aku :P)… awas kualat, kalian kebangetan sih usilnya :))

Report awal tiba di Putussibau nih teman, semoga bisa mengurangi rasa kangen kalian yaaa…. ayoo yang belum terikat dengan pasangan dan kewajiban, sikuk ato dua ikuk, sempatkanlah kandau kituk, sidak perobak gilak ke kian oiii, nyan mantau aik kapuas, baka baka ningkau kian agik… belopah barang setogal dari rutinitas kian bah, boh sante ngigak pelabor khas kite.

IMG_3829 IMG_3831 IMG_3832 IMG_3834 IMG_3840

NOTE : Persembahan untuk teman-teman Pengajar Muda angkatan 2 daerah penempatan kapuas hulu tahun 2011/2012. Tetap berisi dan senantiasa menginspirasi yaa….

IMG00648-20130127-0908 Kak Nina

pis4

2 Comments (+add yours?)

  1. Arif Pemenang
    Jan 31, 2013 @ 17:48:35

    cikgu pinter memakai bahasa sana. jadi orang sana aja cikgu ^_^

    Reply

  2. hanyaakusaja
    Mar 11, 2013 @ 08:42:08

    saya pernah tinggal dsana , 6 tahun dan 4 bulan. Selalu ada kerinduan tersendiri dengan Putussibau…. apalgi bang Alwis Cafe Bunga, teman baik kami selama disana. Tempat nongkrong favorit…. Nice Share….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: