Observing and Monitoring Orang Utan in Peninjau’s Hill

Keberangkatan squad Meliau

IMG_3398 IMG_3435

Squad Meliau untuk kegiatan monitoring di bukit Peninjau berangkat pada tanggal 8 Februati 2013. Kami berangkat dari kantor WWF Lanjak ke Dusun Meliau dengan menggunakan perahu bermotor 40 PK selama kurang lebih 3 jam, rame-rame. Ada 3 tim yang akan bertugas di sana, yakni tim monitoring jalur transek orangutan, tim observing dan tracking, serta tim perbaikan sarana prasarana di lokasi pusat riset. Saat itu kami berangkat sore, alhamdulillah lancar dan tidak dihadang gelombang, dapat bonus beautiful scene pula di dusun Pelaik. yummy…….

Pusat Riset Bukit Peninjau

perjalanan monitoring

pusat riset

Pusat Riset untuk kegiatan monitoring orangutan di bukit Peninjau dibangun sekitar setahun yang lalu. Untuk menempuh perjalanan ke sana dari Dusun Meliau, kami harus menggunakan perahu dengan rute sungai batang leboyan- Danau Merbung – Danau Kasim – Simpang tiga Danau Lokuk dan disambung dengan jalan darat kurang lebih 700 meter. Jalanan yang kami lalui ga mulus sama sekali, beberapa kali perahu karam sehingga teman-teman harus terjun ke air dan mendorongnya, jalan daratnya pun becek ga ada ojek, jalanan rawa berarir yang licin. At least aku bersyukur cz jalan ke arah pondok pusat riset dari arah rawa “kering” walaupun menanjak, jadilah selama perjalanan 700 meter aku bisa menggendong tasku yang cuma 10 kilo jalan menyusurinya.

Sekitar 4 hari kami tinggal di pusat riset dan melakukan kegiatan. Sayangnya aku di sini hanya penggembira saja karena keadaan tidak memungkinkan untuk join😦, yasudlah…. kami menjumpai puluhan sarang orangutan dari berbagai tipe kelas. Alhamdulillah… artinya keberadaan mereka (orangutan,red) masih terjaga di daerah ini. Tinggal di bukit di tengah hutan berarti siap hidup dengan berbagai keterbatasan. Tidur beralaskan matras, masak sendiri, dan no sinyal. So far, menyenangkan karena kami bersama-sama sebagai satu keluarga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: