Berkah Itu…

Allah bless me everytime….

Kesempatan yang tak  terduga ketika aku kandau  di Teluk Aur. oiyaa…. Teluk Aur adalah nama desa tempatku bertugas semasa menjadi Pengajar Muda 2 Gerakan Indonesia Mengajar. Aku punya keluarga angkat di sana.. dan berhubung sekarang ini aku bekerja di WWF Kapuas Hulu, maka ini adalah kesempatan untukku untuk kandau  dan silaturahim ke Mamak-apak. Tidak banyak yang berubah dari my second hometown, bahkan kamar tidur yang dulu aku tempati tidak berubah, kecuali anak muridku yang terlihat makin tinggi, makin besar, makin dewasa🙂, bahkan Keempat kucingku pun makin besar juga di sana.

Berkah itu datang saat aku di sana. Anggota keluarga kami bertambah satu saat adekku melahirkan. Tepat pukul 17.10, makhluk mungil itu lahir ke dunia. Bahagia dan haru saat melihatnya, apalagi aku ada di sana saat proses persalinan, ikut membantu bersama-sama 7 orang yang lain. Di desa kami belum ada bidan resmi dari pemerintah, hanya bidan kampung saja dan tangan-tangan terampil para ibu yang bisa diandalkan. Aku bersyukur, bayi laki-laki itu terlahir sehat demikian pula ibunya. Merinding juga melihat adekku menahan sakit saat persalinan. Benar-benar taruhan nyawa. Aku pun lantas teringat Ummi dan perjuangannya. Aku melihat dengan jelas mengapa surga itu  begitu dekat dengan sosok Ibu. Saat itu umak berkata ” Bel, batas kesabaran seorang wanita terlihat jelas saat ia melahirkan, karena rasa pedih seorang wanita tidak ada yang melebihi saat melahirkan”. Nice advice, mom. I hope that i will be the “great” one like you, who are patient, strong, and wise.

Puji syukur alhamdulillah, kedatanganku yang tidak terencana ini membawa berkah di keluarga. Seperti mukjizat untukku yang bisa menyaksikan saat bahagia ini. Aku ingat saat kami mandi bersama di sungai, adekku pernah menanyakan “kak, selepas nuan pulang ke Jawa, bila meh kituk agik” (Kak, setelah kakak pulang ke jawa, kapan ke sini lagi). Saat itu aku hanya menjawab sambil tersenyum “nanak meh, kalau nuan kak bulih mbiyak” (nantilah, kalau nanti kamu punya anak) and it happened, come true. I believe that this is HIs scenario, may be He wants me to be stronger and wiser by looking that moment. Thanks God, You are the best teacher in my entire life.

sudut kamar

IMG_4410 IMG_4413 IMG_4415 IMG_4418

Leave a Reply

