second home sweet home

Dusun Meliau desa Melemba, salah satu destinasi ekowisata andalan Kapuas Hulu kini mulai diperhitungkan kiprahnya. Dusunnya yang cukup kecil di sekitaran danau sentarum menjadikannya destinasi yang unik karena mneyajikan panorama alam yang luar biasa, wisata budaya serta ilmu pengetahuan. Kini, desa unik ini menjadi my second home di Kapuas Hulu setelah Teluk Aur.

Culture

Dusun Meliau didiami suku dayak Iban. Ada rumah betang-panjang dengan satu bilik homestay di masing-masing pintu rumahnya, siap menerima kedatangan turis. Di rumah ini pula terdapat komunitas penenun kain tenun sidan-kebat khas suku Iban. Masyarakat suku ini bermata pencaharian petani dan nelayan. Mereka menggarap ladang dengan sistem ladang berpindah. Kadang mereka menggarap ladang itu sendirian, kadang bersama-sama dengan anggota keluarga yang lain.

IMG_4630

stay inspiring

menginspirasi menjadi sesuatu yang tak pernah terlewatkan dalam setiap perjalananku. Di samping bertugas sebagai pendamping kelompok pengelola pariwisata Meliau, aku mengisi waktu luangku di pagi hari dengan mengajar anak-anak di SD setempat. Anak-anak yang polos dan pemikiran kritis mereka senantiasa menemaniku sepanjang hari, serasa menjadi pengajar muda lagi😀. Aku pun terinspirasi oleh semangat “muda” dari penduduk di sana. Adalah Bapak Kacung (68 tahun) dan Pak Gindi (54 tahun) yang senantiasa hadir dalam setiap sesi “belajar” kami. Dengan tekun dan semangatnya beliau berdua mengikuti sesi “belajar malam” bersama teman-teman KPP Kaban Mayas yang lain. Pak Kacung dan Pak Gindi pun menjadi sumber inspirasi bagi yang lain agar tetap semangat mengupgrade diri.

DSCN0714

narsis itu perlu

IMG_4368 IMG_4642 IMG_4764

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: