kenapa serial meitantei conan selalu kutunggu??

detective Conan

There is only one truth

Detective conan, atau dalam versi aslinya meitantei conan, merupakan masterpiece dari komikus Aoyama Gosho. I read this comic since in 4th grade (sekitar tahun 1997/1998), mungkin karena saat itu aku mulai bosan dengan serial goosebumps dan doraemon, akhirnya aku terpikir untuk membaca komik ini. Menurutku komik ini sangat seru, bahkan sampai sekarang pun aku masih mengikuti jalan ceritanya. Memang sih ceritanya murni fiktif, plotnya berada di antara scooby-doo dan Sherlock Holmes, lagian mana ada sih orang yang tiba-tiba mengecil gara-gara kapsul?, tetapi sebagai komik yang dikonsumsi semua umur, aku pikir komik ini layak untuk direkomendasikan karena tidak ada unsur “forbidden area” bagi kalangan anak-anak :p. Ada banyak hal yang menjadi special point of view ceritanya, di antaranya :

1. the beginning story

Cerita bermula saat Shinichi Kudo, detektif SMA, tubuhnya menyusut akibat kapsul APTX 4869. Saat itu, shinichi yang sedang kencan dengan Ran Mouri, membuntuti transaksi aneh yangimages (17) dilakukan kawanan berjubah hitam. Karena kurang waspada, ia tertangkap salah seorang anggota kawanan dan diminumkan racun APTX 4869. Shinichi yang tidak ingin identitas aslinya terbongkar menggunakan nama samaran Conan Edogawa dan tinggal bersama Ran Mouri yang ayahnya seorang detektif swasta. Namun hanya beberapa orang yang tahu jati diri Shinichi yang sebenarnya, bahkan Ran Mouri belum mengetahui bahwa Conan Edogawa adalah SHinichi Kudo.

2. friendship

hmm… seorang tokoh utama tak pernah lepas dari dukungan sahabat-sahabatnya. Walaupun tubuhnya mengecil namun Conan Edogawa memiliki peralatan canggih yang selalu menemaninya beraksi. Peralatan itu buatan Profesor Hiroshi Agasa, tetangganya sekaligus sahabat yang menegtahui identitas shinichi yang sebenarnya. Sahabat yang lain adalah Heiji Hattori, seorang detektif SMA dari Osaka. Heiji yang mengetahui bahwa Shinichi adalah conan bersedia membantu kapan saja. Sahabat lainnya adalah Grup detektif cilik yang terdiri dari Ayumi Yoshida, GEnta KOjima, MItsuhiko Tsuburaya, dan Ai HAibara.

cionann

3. Humor scene

Yup, potongan humor yang disajikan melengkapi sisi unik dari komik ini. Biasanya adegan humor terjadi saat Kogoro Mouri melakukan kebodohan. Ketika dia tengah mabuk atau melakukan analisis kasus dengan ngaco.

4. love story

sinichi+ran+dateTak lengkap sebuah cerita remaja tanpa unsur percintaan. Aoyama mengemas kisah percintaan para tokoh ini dengan apik dan asli membuat termehek-mehek pada tiap tokohnya. Bagian favoritku adalah pada komik Conan vol 25-26 saat conan yang sempat berubah sementara menjadi Shinichi ingin melamar Ran Mouri di tempat kenangan orang tuanya dulu, namun lagi-lagi karena kasus dan efek obat yang keburu habis, akhirnya shinichi berubah menjadi conan dan niat melamar itu pun urung dilakukan, padahal Ran sudah menunggu T_T. Kisah cinta yang khas remaja, tidak muluk-muluk namun tetap bisa menyentuh hati pembacanya, saluuuuttttt….

5. Nemesis

Bukan hal baru bahwa seorang detektif, pahlawan, atau sejenisnya memiliki musuh bebuyutan yang susah ditangkap. Seperti Sherlock Holmes yang bermusuhan dengan Prof JAmes Moriarty, dalam hal ini pun, Shinichi memiliki musuh yang lihai melarikan diri, dia adalah Kaitou Kid atau Kid si Pencuri. Sebenarnya Kid adalah pelajar SMA juga, sama seperti Shinichi Kudo, dengan nama asli Kaitou KUroba. Dia selalu mengincar benda-benda antik atau yang memiliki nilai sejarah tinggi. Sebenarnya Kid tidak benar-benar mencuri, ia hanya ingin mengembalikan benda-benda tersebut ke tempat seharusnya ia berada. NAmun aksi Kid ini membuat seluruh staf di kepolisian pusing kepala.

6. Education

aku menilai komik ini sarat dengan unsur edukasi, terutama pengetahuan forensik dan beberapa wawasan perundang-undangan (walaupun aku ga tahu masalah hukum). Pernah suatu kali ujian Kimia forensik-ku terselamatkan gara-gara aku teringat dengan cerita di komik ini. Saat itu ada studi kasus tentang pembunuhan menggunakan racun Kalium sianida, ternyata kejadiannya pas dengan analisa kasus di komik berikut pula dengan gejala-gejalanya.

yupe… itulah beberapa ulasanku tentang detektif Conan, dan alasan-alasanku kenapa komik ini worth it. Selain disajikan dalam bentuk komik, Detektif conan juga disajikan dalam bentuk serial anime dan movie-nya. total ada 15 movie dengan film terakhir tayang pada 2011. Sebagai cerita yang memiliki unsur paket komplit, aku sangat merekomendasikan cerita ini untuk dikonsumsi.

conan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: